Jumat, 01 Agustus 2008

Uang kembalian Rp 50 = permen?

Pernah nda kalian sadar, kalo kita belanja di supermarket, jarang dapetin uang kembalian dengan utuh seperti yang seharusnya kita terima. Ini yang terjadi saat ini di supermarket baik yang supermarket besar atau kecil (such indomaret, alfamaret, etc).

Contoh nya aja kalo berbelanja barang dengan total Rp 19.950,- dan kalo kita bayarnya dengan selembar uang duapuluh ribu rupiah jadi seharusnya uang kembaliannya itu 50 perak.
Tapi kadang, mau nda mau, kita dipaksa untuk terima beberapa bungkusan permen sebagai ganti dari uang kembalian kita, either itu 50 perak atau kelipatannya..

Ada cerita lucu yang gw alamin ttg uang kembalian permen itu, waktu gw dan temen gw belanja di indomaret deket kantor, dgn nekatnya dia mau bayar recehan pakai permen yang dulu pernah dia dapet dari indomaret itu jg.. hmm... dengan nada bercanda, kasirnya itu bilang, "waahh.. nda bisa bayar pake permen, Mba"
dan spontan temen gw yang iseng itu jawabin, "loh.. kok ga adil, Mba bisa kasih kembalian permen, tapi kok saya nda bisa pake permen bayarnya? Ini permen kembalian dari indomaret jg kok.."
Akhirnya, setelah diisengin, kasir nya tetep nda mo terima, yah.. emank pada ujungnya kita bayar dengan uang, cuma sikap unfair yang ga bisa kita terima..

Memang uang Rp 50,- di saat krisis ekonomi dan inflasi gila-gilaan seperti ini tidaklah seberapa. Tapi kasir juga nda mau dibayar dengan permen juga. Nah kalau si kasirnya mau berarti fair dong... kalau bisa diibaratkan 50 perak = 1 permen, jadi kalau kita bisa kumpulin 10 permen berarti kita punya 500 perak, dst.. jadi uang = permen?!

4 comments:

fajarsaptono mengatakan...

mending Rp. 50 mbak, kalo di warung2 biasanya Rp.100.. Malahan aq pernah belanja Rp.3700, nah masa yang Rp. 700 mo dikasih permen 7 biji.. tapi emang di cek di kotak uangnya emang gak ada receh ya terpaksa saia terima :D

Priscilla mengatakan...

hahaha.. 70 dikasih permen semuanya?!mgkn kalo ternyata ada recehannya, kakak ga mau kali yah.. =P yah ginilah nasib konsumen..
Thanks uda mampir, Kak.. =)

ennoe mengatakan...

kyk gw dong, pernah gw labrak tuh mbaknya minimarket deket kampus. tiap kali belanja dikasih permen perkelipatan 100.
padahal dah belanja 3 hari berturut2. permen gw sampe byk banget. huh. masih juga dikasih permen.
akhirnya hari ke 3 gw sukses bayar pake permen ke dia hohohoho.

Priscilla mengatakan...

iya, itu lo, Noe.. kan lo pernah jg bareng gw hahaha.. ur my inspiration, darling hahaha..