Sabtu, 11 Oktober 2008

Laskar Pelangi Movie

Laskar Pelangi....

Akhirnya gw n sis nonton film ini, today... uda dadakan rencana mo nontonnya, sampe cepet2 cari 21/blitz yang pas waktunya sama yang kita mau, sekitar jem 1-3 pertunjukannya.. jem 12, ide dadakan itu muncul dan akhirnya kita putusin nonton yang jem 2 di mega 21, megamal pluit..
Sekalian jg liat MM yang katanya sudah mulai di renovasi dan berubah, penasaran pengen liat kyk apa jadinya MM, jadi kita bulat mo nonton di MM.

Bisa ditebak, jem 12 siang, muncul ide dlm keadaan kita yang blom beres2, dari mandi *buka aib =P*, makan dll... akhirnya sampe ke MM nya itu pas bgt, dapet parkir baru jem 2 kurang 15. adek gw lari duluan ke arah bioskop, selagi gw cari parkir, di MM yang katanya luas itu.. nah, pas masuk ke dalam gedung MM itu sendiri, ternyata wadaw.. masih banyak yang di renovasi sana sini, jalanan pun jadi semrawut kalo menurut gw.. ibarat itu mah, tutup mal sebelah, ampir setengah lebih dari setiap lantai ditutup, Cuma setengah bagiannya yang gak direnovasi.. pintu masuk ke 21 nya, pun bukan dari pintu utama 21 biasanya, ini dari pintu darutat.. hikksss... renovasi yang blm kelar rupanya *gw dngr info yang salah kl gitu, MM sudah direnovasi kelar hahaha...*

Pas bgt sampe diantrean giliran kita, itu jem 2, dan Mba nya bilang terus kalo film nya uda mulai.. tapi dengan tekad dan pengorbanan ngebut n lari2, tetep lah dibeli dan jg baru mulai beberapa menit lah..
Dan akhirnya kita bisa duduk tenang di bangku urutan B, untungnya beneran film itu baru mulai beberapa menit lah, jadi nda gitu ketinggalan fiuhh...

Cerita laskar pelangi ini, menurut gw, perasaan penontonnya ikut kebawa, dari adegan lucu nya, sedih, terharu semuanya bisa hanyut aja gitu kebawa.. beberapa scene awal c, menurut gw banyak adegan lucu nya.. kelakuan laskar pelangi yang lucu dan aneh, sering buat penonton di studio 2 ketawa rame2..

Ada tokoh-tokoh difilm ini :
-Bu Mus, guru sekolah SD Muhammadiyah, guru laskar pelangi

-P’Harfan, kepsek SD Muhammadiyah

-P’Bakrie, salah satu guru sekolah SD Muhammadiyah tapi nda se loyal Bu Mus

-Ikal, pemeran utamanya, alias Andrea Hirata.
Anak seorang buruh timah didaerah belitong..yang jadi inspiratif, bhw bisa maju dan capai cita-citanya sampai dapat beasiswa

-Lintang, anak yang sangat cerdas diantara laskar pelangi yang lain.
Pandai dalam berhitung, sejarah, pengetahuan yang ia dapat dari buku dan koran.
Anak lelaki satu-satunya dari seorang nelayan yang sudah tidak ada ibu. Kehidupan tanpa ibu, memaksa Lintang berperan sebagai penjaga adik-adiknya saat ayahnya mencari ikan di laut. Jika ayahnya pulang, barulah ia ke sekolah. Pada akhirnya, Lintang ini harus menghabiskan masa sekolah nya itu dengan mencari nafkah, krn ayahnya meninggal saat ke laut. Jadi Lintang tidak bisa sekolah lagi, diganti dengan cari uang untuk ke tiga adik perempuannya.

-Mahar, imaginatif dan ga logis, tapi berjiwa seni besar bgt.. Mahar suka denger musik apa aja dari radio butut nya yang selalu dibawa-bawa, digantung di lehernya.. jg yang buat kita tersenyum sekaligus kasian, Mahar selalu jemur baterai bekasnya diatas genteng, supaya bisa dipakai lagi buat nyalain radio kesayangannya itu.. Mahar ini pelengkap di kelompok laskar pelangi, bnyk tingkah yang buat kita tertawa krn keluguan nya dan ke sok tahuan nya.. ciri khasnya jg, dia selalu manggil temen2nya dengan kata “Boi”

-Sahara, satu-satu hawa di laskar pelangi

-Harun, siswa ke sepuluh ini memang punya keterbelakangan, agak cacat mental *sorry..* tapi mereka selalu sayang Harun dan Ibu Mus pun selalu kasih rapor khusus dan lembar ulangan umum khusus buat nya.

-A kiong, sepupu Aling yang buat Ikal jatuh cinta gara2 liat kuku paling indah di dunia.. hehehe.. Ikal Ikal hehehe.. sejak itu, Ikal selalu nawarin diri buat beli kapur tulis di tempat Aling hehehe..

-Syahdan

-Trapani

-Kucai, yang selalu jadi ketua kelas, menurut Kucai nda menyenangkan jadi ketua kelas.. krn kudu ingetin laskar pelangi yang lain supaya nda berisik n tertib, padahal dia sendiri nda bisa diam n tertib hahaha..

-Flo, murid baru yang tiba-tiba mo pindah dari sekolah bagus, SD PN ke SD Muhammadiyah.. masukknya Flo, dikit buat keributan dan bawa dampak jelek, sampe mereka pegi ke dukun biar nilai ulangannya bagus..

Yang paling lucu itu menurut gw, pas adegan laskar pelangi mau ikut lomba karnaval.. yang ditunjuk sebagai koordinator/pemimpin/pencari ide nya itu, c Mahar, nda sangka ide yang dikeluarin buat karnaval teman2 nya itu, gokil bgt.. temen2nya disuruh tari daerah. Baju daerah nya pun simple, Cuma dari dedaunan aja, dan badan mereka digambar2 gitu.. sampe kata temen2nya, gatel2 nya nda bisa ilang selama 4 minggu hahaha..

Dari awal sampe sebelum akhirnya cerita itu jump ke masa Ikal dewasa, menurut gw, keren abezzz.... tapi tiba-tiba aja, ceritanya itu berakhir dengan drastis. Mksdnya.. akhir yang terlalu cepat, pdhal kita masih lagi di posisi klimaks... akhirnya, diceritain pabrik timah di daerah mereka bangkrut, lalu Ikal kembali ke belitong bertemu dengan Lintang, sahabatnya.. mau kasih kabar, kalau Ikal akan ke paris, krn dapat beasiswa..

Dan Lintang kasih unjuk anaknya yang juga ditularkan kepintarannya itu.. nda diceritain perjalanan bagaimana mereka lulus SD, berjuang sekolah, sekolah mereka nanti dimana. Ikal merantau dmn dan bagaimana.. bagaimana dengan laskar pelangi yang lain?

That’s it...

Tapi beneran overall bagus bgt, gw ampe nahan nangis di tengah2 film itu, pas Pakcik, kepala sekolah SD itu meninggal di ruang kepala sekolah, sampe prestasi demi prestasi didapat laskar pelangi, ayahnya Lintang meninggal sampai-sampai Lintang ucap perpisahan ke temen2 dan guru nya.. wadow.. sedih boo..

Laskar pelangi movie ... cerita yang inspiratif n mengharukan..
Ngeliat ada daerah di Indonesia yang nasibnya masih memprihatinkan seperti itu bahkan sampai sekarang ini, seperti yang gw liat di Kick Andy beberapa waktu lalu.. kita patut bersyukur, kl bisa sekolah sampe sekarang.. sekolah kita nda bocor.. sekolah kita nda seperti sekolah mereka.. mereka miskin tapi masih gigih pengen sekolah dan raih cita2.. that’s the hit point..

Fin

Pepatah dari P’Harfan
“ketika hidup sering-seringlah kita memberi, sekali lagi… sering-seringlah kita memberi, jangan hanya terus menerus meminta”

Link :
Laskar pelangi - situs
cabik lunik

Andrea Hirata's

2 comments:

GICM Aficionado mengatakan...

Eh baca resensi ini jadi pengen nonton filmnya ...
Hm ... akhirnya gantung ... Pasti dibuat Sequelnya ...

:)

Priscilla mengatakan...

bukannya nge gantung c, tapi itu akhirnya cepet bgt..
padahal emosi penontonnya itu lagi diatas, tiba2 uda diceritain 15 tahun kedepan n uda selesai aja gitu.. nda ada cerita gimana struggle nya pas abis lulus SD hehehe