Sabtu, 11 Oktober 2008

mo jadi apa indo ini

lagi-lagi hutan indo habezz mo dibabat.. huh...
baca info di detik, hutan di Papua sekarang mo dibabat jadi perkebunan kelapa sawit.
wadoh.. kalimantan, juga uda dieksploitasi sama tambang batu bara, perkebunan kelapa sawit.
sekarang hutan di Papua..

knp yah, mereka-mereka itu nda pikir panjang, selametin bumi.. tapi mereka lebih selametin kantong masing-masing.. nda bisa salahin jg c, mereka jalanin bisnis dan bisnis selalu mengutamakan uang uang dan uang.. tapi kan, mereka kudu pikirin faktor diluar selain uang.
mo jadi apa anak cucu mereka hidup, kl polusi makin parah.. nda ada hutan, supplier oksigen dan bisa cegah global warming yang sekarang gencar.. hikkss...
puluhan ribu hektar hutan loh, bukan ratusan hektar, uda diberi ijin buat perkebunan ini.. ilang sudah hutan kita..

so what should we do? nda mgkn jg kan, gw perusahaan itu tereak-tereak nolak.. diusir iya lagi..
greenpeace uda lirik masalah ini, moga2 bisa cegah deh..

4 comments:

Johanes Juda mengatakan...

Makanya sis, jadi donaturnya greenpeace atuh :D Oops sori, pesan sponsor nih hehe.

Hm kalo buka lahan kelapa sawit, berarti program transmigran jalan lagi dong ya? Hm seperti menutup masalah dengan masalah.

Priscilla mengatakan...

dilema yee... jadi itu bagus nda, Joe menurut lo? dukung pembukaan kelapa sawit itu?

Johanes Juda mengatakan...

Wah sepertinya keliru kalo tanya gw Cil, soalnya bakalan panjang.

Cuma singkatnya, gw rasa itu bukan langkah yg tepat; soalnya pertama, transmigran di Kalimantan aja belum bisa dibilang seberhasil seperti di Sumatra - lahan Gambut sejuta hektarnya masih tersandung kegagalan teknis. Jadi ada baiknya menyelesaikan masalah dan bukan meninggalkannya.

Kedua, ini mengenai isu politik. Gw rasa krisis utama di Irian adalah nasionalisasai tambang dan bukan pembukaan lahan. Nasionalisasi ini seperti satu batu dengan multi purpose, salah-satunya pada peningkatan kebutuhan tenaga kerja dan 'pemangkasan' sparatis yg mengancam NKRI selama ini.

Tapi mungkin ada pertimbangan lainnya, soalnya gw sendiri belum baca beritanya langsung. Siapa tau jg ini berita pengalihan isu aja dari isu-isu panas saat ini.

Tuh kan, beneren panjang. Maafkan saya.

GICM Aficionado mengatakan...

Susah ya ... hm ... Memang budaya manusia modern itu ekploitatif ... Dunia semakin padet, dan semakin panas ... maka sudah hukum alam kl suatu saat akan eksplosif ... Untuk mencapai keseimbangan ...

Ih serem ya kalau skenarionya eksplosif ... mirip mirip armagedon soalnya ...

Yah semoga gak terjadi dijaman kita, atau dijaman anak cucu kita ... kasian kan mereka ...

But yah ... biarlah hukum alam (baca hukum Tuhan) yang bekerja ...

Kalau manusia memang harus mati ... matilah ...
Kalau manusia memang harus hidup ... hiduplah ...