Jumat, 21 November 2008

sudah punya NPWP kah?

nowadays, perusahaan pasti sudah mensosialisasikan masalah daftar NPWP, bagi yang blm punya NPWP kudu daftar dan buat..bla bla bla..
based on pengalaman gw ndiri waktu dulu kerja di perusahaan sebelum ini, kita karyawannya disarankan dan diharuskan untuk buat NPWP bagi siapa aja yang blm punya NPWP. banyak alasan dari perusahaan supaya kita sadar dan buat NPWP tersebut. tentu aja, bagi gw dan temen2 lain yang blm ada NPWP, pas disuruh buat NPWP hm.. bukanlah hal yang mudah untuk bilang langsung "OK, gw mo buat..".
banyak pertimbangan dan ketakutan pastinya, takut ditipu sama pemerintah, uang kita ditilep, aset kita bakal ketahuan dan dikejer2 sama org pajak, bla bla bla.. Ada ketakutan juga kah waktu kalian disuruh untuk buat NPWP?

tapi belakangan poin-poin ttg kenapa kita kudu buat NPWP, gw baru ngerti dan emank berdampak buat penghasilan kita juga kedepannya.. mungkin gw bagi sedikit info yang gw tau...
Bagi karyawan/warga negara berpenghasilan dan punya NPWP akan untung, knp gw bilang untung? Krn efektif Januari 2009 bagi yang gak punya NPWP akan di tambahkan pajak 20% lagi. jadi selain pajak penghasilan yang setiap bulan sudah dipotong dari income kita, bakal ditambah 20% lagi dari PPh tersebut. alhasil nett yg kita terima akan semakin sedikit.
Juga tahun depan akan bebas fiskal bagi NPWP.
Note : buat yang sudah menikah dan suami nya tersebut sudah punya NPWP, maka istri bisa ikut dengan NPWP suami. Jadi tidak perlu daftar/buat NPWP pribadi.
Utk prosedurnya sendiri cukup mudah. kl dulu gw bareng sama company, jauuhhh lebih mudah n nda ribet, cuma kumpulin KTP n ID Card, that's it.. nah buat temen2 yang kudu buat sendiri NPWP, ada beberapa pilihan yang gw tau :
1. datang ke KPP (masing2 domisili) dengan bawa fotokopi KTP dan Surat Ket Kerja
(biasanya persyaratan yang diminta berbeda2 di setiap KPP - tidak standar dan lebih rumit)
2. Daftar Online di www.pajak.go. id ada aplikasi yang harus diisi online, ttp no sementara yang didapat dari hasil online harus dikirimkan juga ke KPP masing2 domisili plus fotokopi KTP dan Surat ket kerja. Menurut web kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat pendaftar (tetapi biasanya c lama, jadi pada akhirnya biar cepet harus datang juga ke KPP)
3. ini cara yg paling recommended krn ngga ribet and cepet bgt.
datang ke Kantor Pajak Pusat di daerah Gatsu - sebelah Bank Mandiri. hanya dengan membawa fotokopi KTP dan kartu akan segera dicetak dlm waktu -/+ 10 menit saja. Berlaku jg bagi KTP luar Jkt.
4. bisa juga daftar di pojok pajak yang ada di mall2 / daerah tertentu tentunya harus cek lokasi dulu). baru kmren gw liat ada stand nya di Grand Indonesia, tepatnya di depan Gramedia lantai atas (bagian buku import)

fyi, bisa didapat juga info dari kring pajak no tlp. 021.500200. tetapi informasi yang diberikan di kring pajak, kpp, ataupun di kantor pajak pusat bisa berbeda2 (tidak standar) mengenai dokumentasi yg harus dipenuhi.
lebih ok c, langsung dateng ke KPP aja deh.. buruan buat, kantor gw yang sekarang, uda minta fotokopi NPWP karyawannya, jadi uda mo didata, kl nda, tahun depan perusahaan gw kudu bayar pajak employee 20% lebih banyak.. mana mau mereka .. (Note: karyawan di perusahaan gw kerja sekarang, semuanya Net, jadi kita nda pusing masalah pajak yg 20% lebih gede dipotong, tapi perusahaannya yang kelabakan =D hehehe...)

6 comments:

akudanpikiranku mengatakan...

Eh gw dah ngirim aplikasi pengajuan NPWP ke KPP etempat, lewat pos, tapi kok dah 2 minggu, gak da follow up nya ya..
bener gak seeh bisa bikin NPWP pake e-registration itu...

Priscilla mengatakan...

yang ak tau emank lama, Kak.. makanya kudu dateng ke KPP nya langsung aja buat ambil nya. gmn? coba telpon ke kring itu,Kak.. tanya ke mereka lagi.. semoga membantu =)

Apostrophed mengatakan...

udeh ada donk.. *bangga2 ga penting*

tapi takut juga ye jadinya
denger2 cerita2 orang, semua yg kite punya bisa diubek2 gitu..

pake ditanya, dapet uang darimane bisa beli ini itu ini itu ama org pajak

yeee..NABUNG kalee!! duit juga duit gue gitu ye..

duh nih negara emang paling parah di urusan pajak !

Priscilla mengatakan...

hahaha.. bener, Na. ada tuh rumors gitu, tapi yah.. kl uda bayar pajak seharusnya, tenang aje, nda usa pusing =P

sempet takut jg c, na.. ternyata ketakutan kita sama yee

hobigwjajan mengatakan...

gak punya

kan masiii mahasiswa ^^

Prihandoko mengatakan...

maaf nyelonong kemari tanpa kulonuwun...Salam kenal...aku sudah punya NPWP sejak th 2000; sedikit ada kerepotan utk pelaporan tahunan ke Kantor Pajak, namun dibalik itu hati ini kok adem ya setelah menunaikan kewajiban kita ke negara. Pernah tahu perkataan ini: berikanlah apa yang menjadi hak kaisarmu (negaramu), dan berikanlah apa yang menjadi hak Tuhanmu.