Minggu, 26 April 2009

Suhu Jakarta makin puanasssss aja.....


Beberapa hari ini, gw kok males bgt keluar ruangan di siang hari. selain emank males ditambah parah lagi sama cuaca di Jakarta yang buat gw sangat sangat tidak bersahabat dengan gw. PANAS, TERIK matahari yang makin lama makin sakit/nusuk rasanya di kulit. huhuhu.... bukannya takut meleleh tapi bener-bener gerah, lengket bgt rasanya kl abis keluar/panas2an dengan matahari disiang hari.

Iseng-iseng search di Inet, ternyata bukan cuma gw yang ngerasain panas Jakarta yang makin meresahkan dan makin mengkhawatirkan, tapi banyak teman-teman yang sharing dan jg berita-berita yang memang sudah menyorot hal ini ke media, bahwa panas di Jakarta akhir-akhir ini itu tidak lazim. Kalian jg berasa kan, kalau akhir2 ini panas nya tuh ampun ampun.. huhu..

Dari info di google ttg suhu di Jkt, gw dapet kalau hari Minggu ini suhu nya 33 derajat Celcius. Bahkan pernah menyentuh angka 35 derajat Celcius. widih.. gmn nda berasa panas tuh.. kita itu seperti Manusia yang *dipanasin* sedikit-sedikit. tanpa kita sadar kalau kita itu sedang *dipanggang* di Bumi ini. kalau suhu drastis naik misalnya ke 60 derajat Celcius, pastilah kita akan mati mendadak. Nah ini... yang kita alami sekarang itu, suhu makin lama makin naik sedikit sedikit tapi pasti naik, dan itu buat kita lama2 bisa beradaptasi dengan kenaikan suhu yang sedikit itu. Jadi istilah yang gw pakai itu yah, kita perlahan-lahan dipanggang oleh Bumi, atau mungkin kita dipanggang krn kita sendiri....

Nah ini ada beberapa kutipan dari beberapa media di Inet yang gw dapat seputar panas di Jakarta :

Iklim Berubah, Jakarta Benar-Benar Kian Panas

Oleh Ella Syafputri

Jakarta (ANTARA News) - Cuaca yang kian panas beberapa tahun terakhir membuktikan fenomena perubahan iklim telah benar-benar terjadi di Jakarta, demikian hasil pantauan yang dilakukan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

Suhu di Jakarta pada tahun 1870 adalah 26 derajat Celcius, namun dalam kurun waktu satu abad suhu meningkat 1,4 derajat Celcius.

"Dengan kata lain, hingga tahun 2000 suhu Jakarta telah melonjak hingga rata-rata 27,82 derajat celcius," kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMG Prof. Mezak Arnold Ratag.

Rasio kenaikan suhu 1,4 derajat celcius dalam kurun 100 tahun di Jakarta, lanjut Ratag, jauh lebih tinggi daripada rata-rata kenaikan suhu Bumi yang cuma 0,7 derajat.

"Selisih tambahan 0,7 derajat celcius ini berarti selain pemanasan global, kenaikan suhu Jakarta juga berkombinasi dengan faktor lain seperti urbanisasi, berkurangnya pepohonan rindang dan lahan aspal yang terlalu dominan," kata dia.

BMG memantau kenaikan suhu dalam periode 100 tahun di 20 kota besar di seluruh Indonesia, uniknya, Jakarta bukanlah kota yang mengalami kenaikan suhu tertinggi.
Read more ...........

Kenaikan Suhu Jakarta Lampaui Rata-Rata Dunia

Jakarta (ANTARA News) - Kenaikan suhu Jakarta dalam periode 100 tahun terakhir jauh melampaui kenaikan suhu rata-rata dunia, kata Prof. Mezak Arnold Ratag, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

"Pada tahun 1870 suhu Jakarta 26 derajat Celcius, namun dalam 100 tahun naik 1,4 derajat. Angka ini melampaui rata-rata dunia yang hanya 0,7 derajat," kata Mezak, kepada ANTARA News, di Jakarta, Jumat.

Kenaikan suhu Jakarta ini, lanjut dia, terjadi akibat kombinasi keadaan global yang memang mengalami pemanasan global dan kondisi kota yang semakin gersang.

"Jakarta sudah berkembang sedemikian rupa, pohon-pohon sudah banyak ditebang dan lahan banyak ditutup aspal dan tembok," katanya.

Ini juga terkait dengan laju urbanisasi dan tata ruang kota Jakarta, tambah Mezak.
Read More......


Kondisi Suhu Jakarta Tak Normal, Bmg Ingatkan Masyarakat Waspada

Rabu, 10 Januari 2007 21:38
Kapanlagi.com - Suhu di Jakarta dalam dua hari terakhir meningkat 33-34 derajat celcius atau meningkat dari suhu normal pada musim hujan yang sekitar 31-32 derajat celcius, karena itu BMG meminta masyarakat waspada.

Ketua Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Ahmad Zakir kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (10/01), mengatakan suhu di Jakarta yang meningkat ini tidak normal karena terjadi pada Januari yang mestinya suhu turun karena merupakan musim hujan.

"Suhu udara menjadi panas karena matahari langsung menyentuh permukaan dan terasa di kulit kita. Hal ini karena awan yang semestinya menghalangi sinar matahari tertiup angin yang akhir-akhir ini berhembus cukup kencang," katanya.

Read More ...........

Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik
Kenaikan di Beberapa Kota di Atas Satu Derajat Celsius
Selasa, 31 Maret 2009 | 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Laju perubahan suhu udara kota-kota di Indonesia menunjukkan kenaikan maksimum lebih dari 1 derajat celsius dalam 10 tahun. Dari analisis data iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang diambil tahun 1983-2003, kenaikan suhu udara per 10 tahun ternyata 0,036 derajat celsius-1,383 derajat celsius.

Kenaikan suhu udara terendah tercatat di Kota Sibolga, Sumatera Utara, mencapai 0,036 derajat celsius dari rata-rata 31,52 derajat celsius. Adapun kenaikan suhu udara tertinggi tercatat di Kota Wamena, Papua, mencapai 1,38 derajat celsius dari rata-rata 25,97 derajat celsius.

"Data kenaikan temperatur itu tingkat kepercayaannya memang masih beragam," kata Kepala Bidang Analisis Klimatologi dan Kualitas Udara BMKG Soetamto di Jakarta, Senin (30/3).

Read More..........

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nya yah?
1. pakailah sun block kalau keluar rumah, atau bertemu dengan panas matahari yang terik itu
2. kalau bisa ditambah pakai payung jg. walaupun sudah pakai sunblock, penggunaan payung bisa mengurangi intensitas sinar UV yang mendarat ke kulit kita
3. kurangi andil kita menambah polusi di Jakarta
4. perbanyak pohon yang ada dilingkungan mu
5. mgkn ini bisa jadi pilihan *Be a vegetarian* Read this.....
Baca itu, gw baru tau, daging itu penyuplai emisi gas rumah kaca yang buesarrr... hmm.... after read that, will u be a vegetarian?
6. Apa lagi yah?! ada yang mau menambahkan??
thanks...

-terima kasih sudah membaca blog saya, cheers-

7 comments:

Lily mengatakan...

iya nih, malam hari nyalain AC gak berasa dingin...hiks

CreamyMilk mengatakan...

uembeerrr!! emang panas banget nih jakarta..
jadi msuti sering2 reapply sunblock deh.. T_T

Verblind mengatakan...

yoha, Li n Brook..
uda kyk dipanggang dikit dikit nih..

lo masih rajin reapply, gw rada males nih... *plak plak...*

CreamyMilk mengatakan...

mao gimana.. daripada flekan.. gw aja udah ada flek nih gara2 pas sma dulu pulang sekolah ga pake sunblock.. hixx.. jadi pengen jadi orang korea.. kayaknya mereka ga punya masalah flek yah? :D

Verblind mengatakan...

sama donk.. gw jg nabung flek nih di pipi, lantaran titipan masa lalu =(
mo ilangin pakai laser kali yah?!

CreamyMilk mengatakan...

tapi aktanya pake laser juga bisa muncul lagi.. hehe.. tapi mungkin yg bisa muncul lagi kalo dari faktor genetik kali yaa.. hihihi.. tapi tetep aja.. muahaall laserr ituu!!

Verblind mengatakan...

iya, apalagi kl lagi hamil, katanya mgkn bisa muncul lagi..
sejutaan bukan yah, brook??