Sabtu, 19 September 2009

BioBag


Ini pertama kali, kita beli tinta isi ulang buat printer HP yang sudah kosong song song tak muncul lagi warna hitamnya di Veneta. Veneta itu sebenernya sudah terkenal sebagai pusat isi ulang tinta berbagai jenis printer yang ada. Karena sudah kepepet bgt, butuh nge-print tapi nda ada tinta, sedang tinta original nda ada ditoko langganan, makanya inisiatif alternatif belilah c isi ulang Veneta, 90rb ajah..*mayan mahal jg, beda nda gitu jauh-jauh amat sama harga tinta ori*

ada yang menarik perhatian gw setelah adek bawa bungkusan tinta isi ulang tsb. bukan karena kemasan tintanya, bukan karena bon dengan harga yang cukup diluar jangkauan pikiran gw, 90rb, tapi kantong plastik Veneta yang buat gw tercengang dan hhmmmm..........
kantong plastiknya sebenernya biasa saja, seperti kantung plastik yang lainnya, kecil, putih susu, ada tulisan promosi merek dsb, tapi ada beberapa informasi yang menarik jg ada disana. tulisan "BioBag", "This Bag is degradable but you can still reuse it" dan ada simulasi bagaimana kantung plastik itu hancur/degradasi.

penasaran ttg BioBag, gw cari info di inet, dan ketemu banyak bgt link ttg BioBag, salah satunya BioBagUSA, bisa gw kutip :

BioBag is the world’s largest brand of 100% biodegradable and 100% compostable bags and films made from the material, Mater-Bi. All of our products contain GMO free starch, biodegradable polymer and other renewable resources. No polyethylene is used in the production process. BioBag products meet ASTM D6400 specifications and California Law requirements. We will never compromise our earth or our standards. We invite you to review the numerous certifications we have been awarded and the quality of the Mater-Bi product. We thank you for visiting our website.

Together we can begin…
Changing The World Without Changing The Earth

ide bagus buat selametin bumi dari polusi plastik. Biobag adalah sejenis kantong plastik yang ramah lingkungan. Adalah perusahaan asal Norwegia yang melakukan inovasi melalui percobaan selama 10 tahun oleh seorang professor asal Norwegia.

Kemajuan bioteknologi telah membuktikan bahwa dari bahan baku yang tak pernah terpikirkan sebelumnya kini menjadi bahan sangat berguna. Misalnya saja, dari kulit ari jagung yang mengkilat itu, sebuah perusahaan di Amerika mampu menciptakan layer pengganti LCD dari silicon. Bisa jadi, layer computer atau layer Plasma TV atau layer HP anda sebenarnya bahan bakunya adalah kulit jagung. Menurut penciptanya, yakni Dupont, layar LCD dari jagung tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga tahan lama bahkan kelenturann! ya melebihi LCD yang terbuat dari silicon.

Biobag tak ubahnya dengan kantong plastik pada umumnya. Bentuknya seperti kantong kresek. Biobag ini seratus persen terurai, tidak seperti produk ramah lingkungan yang lainnya. Rahasianya terletak pada bahan baku Biobag yang terbuat dari kulit jagung dan komposisi bahan lainnya yang seratus persen bisa terurai dan berubah menjadi kompos yang menyuburkan. Produk Biobag ini tidak seperti kantong plastik biasa yang terbuat dari bensin tidak sangat sukar terurai dalam tanah.

Mengapa tidak berbau? Adalah pori-pori yang dimiliki Biobag sehingga memungkinkan sirkulasi udara di dalamnya. Sampah yang disimpan di dalam Biobag tidak mengembun, sesuatu yang menimbulkan jamur berbau busuk. Biobag mempunyai pori pori yang memungkinkan sirkulasi udara. Sampah organik yang ditaruh dalam kantong ini tidak membusuk malah mengering. Ia mampu meredam bau sampah.

Karena keistimewaan inilah, kantong biobag jika dipergunakan untuk kantong sampah bisa menghemat biaya pengangkutan karena sampah organik mengering dan menyusut sampai 50 persen setelah tujuh hari disimpan . Tidak hanya itu, jika ditaruh ditempat pembuangan sampah, biobag akan berubah menjadi kompos dalam tempo 10 hingga 45 hari jika ditaruh ditanah. Sudah pasti kompos tidak menimbulkan bau busuk yang menusuk hidung.

Biobag ini tidak hanya untuk kantong sampah, namun bisa digunakan untuk menyimpan makanan sehingga bisa tahan lama sampai dua bulan jika dimasukkan ke dalam lemari es. Ikan dan daging misalnya, akan tetap segar jika dibungkus dengan biobag dan tidak lengket, tidak seperti kantong plastik biasa. Ini sangat mempermudah proses pencairan bahan makanan yang dibekukan.

from : erabaru.or.id

Sekian informasi baru bagi kita semua.. semoga bermanfaat y.. ^_^

1 comments:

Olin mengatakan...

lucu loh bagnya, gue baru tau itu biobag.