Senin, 14 Desember 2009

Ecosia


Hi Hi temans, ada info dari sesama temen di milis yang gw dapet hari ini. Ada sebuah search-engine / mesin pencarian (seperti Google, Yahoo!, Bing, Technorati) yang baru dan unik telah diluncurkan bulan ini (Desember 2009). Mesin pencarian jaringan internet ini bernama "Ecosia".

http://ecosia. org/

"Ecosia" disebut oleh perusahaannya sebagai mesin pencarian yang ramah lingkungan / eco-friendly, dimana setiap perintah/query pencarian akan menyelamatkan 2m persegi dari hutan hujan. Mesin pencarian ini gratis, dan disebut akan bekerja sebagus Google atau Yahoo!. Ecosia adalah mesin pencari independen berbasis di Jerman, dikelola oleh organisasi swasta yang didukung oleh Yahoo, Bing, dan WWF, dimana Yahoo dan Bing membantu mereka untuk menyediakan hasil pencarian yang bagus dan pranala2 yang bersponsor untuk menghasilkan pendapatan iklan. Ecosia kemudian akan memberikan pendapatan tersebut untuk program perlindungan yang dikelola oleh WWF di daerah Amazon di Brazil. Ecosia menyebutkan bahwa misinya adalah melindungi hutan hujan sebanyak mungkin untuk pelestarian lingkungan, dimana mereka telah menekan biaya mereka semaksimal mungkin sehingga mereka dapat menyumbangkan lebih dari 80% pendapatannya untuk WWF.

Hanya berbagi informasi, gw ndak tahu apakah informasi yang disebutkan oleh Ecosia ini benar atau tidak, bisa saja hanya strategi marketing :-) tapi sepertinya gw yakin Ecosia itu benar adanya dan benar mendukung perlindungan hutan hujan tersebut, karena mereka secara resmi didukung dan didanai oleh WWF. Ecosia sendiri barusan saja diluncurkan, dan ternyata telah ada fitur Bahasa Indonesia loh. Setidaknya mereka memperhatikan pentingnya menjangkau negara kita. Menurut gw pencarian dan kenyamanan penggunaannya cukup bagus, walaupun mungkin tidak akan sebesar dan secanggih Google yang sekarang sudah menjadi korporasi raksasa terbesar ber $$$ trilyunan. tapi ok lah untuk engine pencarian, karena mereka pun memberikan fasilitas bagi kita untuk melakukan pencarian di google, wikipedia, google maps dkk... not bad kan?!

Contoh hasil pencarian yang gw lakukan
(Terdapat informasi gw telah menyumbang berapa US$ karena pencarian yang telah gw lakukan)

Video resmi dari Ecosia untuk informasi selengkapnya: http://ecosia. org/how.php

Facebook Ecosia: http://www.facebook .com/pages/ Ecosia/177765836 610#/pages/ Ecosia/177765836 610?v=info

Artikel mengenai Ecosia di pers / AFP: http://www.google. com/hostednews/ afp/article/ ALeqM5g1LRmwQo- CtG6YitrMUhCXv4t BWg

Untuk informasi lain, ini hasil pencariannya di Google :-) http://www.google. com.au/search? q=ecosia

Kalau memang benar apa yang mereka bilang tentang misi dan visi mereka, mari kita dukung. pakai ecosia yukkk ^_^

0 comments: